Random Article

Tips Mengetik Buta 10 Jari

 on Tuesday, 17 August 2010  

Bagi kebanyakan orang mengetik dengan menggunakan 10 jari dan tanpa melihat ke arah keyboard adalah ha yang sulit. Kebanyakan orang juga tidak terlalu peduli dengan kemampuan ini, mungkin mereka berpikir yang penting bisa ngetik tuts keyboard itu sudah cukup.
Tahukah kamu kalau di negara-negara maju seperti Amerika, anak lulusan SD sudah mahir mengetik tanpa melihat keyboard. Bagi mereka mengetik buta bukanlah hal yang luar biasa, tapi bagi kita seorang yang bisa ngetik buta dianggap sangat mahir dalam menggunakan komputer.
Sekedar tips saja dari saya supaya kita semua bisa belajar gimana caranya mengetik buta 10 jari. Ini dia tipsnya, semoga bermanfaat....

1. Jangan melihat keyboard saat mengetik
Mungkin awalnya akan sedikit sulit, tapi coba hafalkan posisi setiap tuts saat sedang mengetik.
2. Usahakan selalu meletakkan jari dengan benar
Setelah mengetik satu, dua kata atau lebih biasakan jari kamu berada di posisi tuts yang benar yaitu letakkan kedua telunjuk pada tuts F dan J.
3. Mengetik dengan jari yang sesuai
Setiap jari tangan kita memiliki tugasnya sendiri untuk mengetik tuts.
  • Kedua jempol untuk mengetik tombol Space
  • Telunjuk kiri untuk mengetik huruf F, R, T, C, V, dan B
  • Telunjuk Kanan untuk mengetik huruf J, U, Y, N, M, san B
  • Jari tengah kiri untuk mengetik huruf E dan D
  • Jari tengah kanan untuk mengetik huruf I, K, dan tanda koma (,)
  • Jari manis kiri untuk mengetik huruf W, S, dan X
  • Jari manis kanan untuk mengetik huruf O, L, dan tanda titik (.)
  • Jari kelingking kiri untuk mengetik huruf Q, A, dan Z
  • Jari kelingking kanan untuk mengetik huruf P, tanda titik dua (:), garis miring (/), dan tanda tanya (?) Jadi biasakan jari-jari kamu mengetik sesuai tugasnya masing-masing.
4. Hidupkan jari-jari yang "Mati"
Masalah yang sering dihadapi saat latihan mengetik buta adalah sulit menggunakan jari-jari lain seperti jari tengah, jari manis dan kelingking. Cobalah biasakan untuk menggunakan jari-jari yang "mati" itu, maka lama-lama kamu akan terbiasa dan merasa nyaman untuk menggunakannya.
5. Fokus dengan apa yang ingin kamu ketik
Fokuskan pikiran dengan apa yang sedang kamu ketik. Jadi, usahakan pandangan tetap pada layar komputer.
6. Mengetik dengan akurat dan efektif
Tidak usah sok cepat atau sok lancar saat mengetik. Lakukan saja dengan santai dan tidak usah terburu-buru karena yang terpenting adalah keakuratan ketikan kamu. Biarkan ketikan kamu mengalir apa adanya walaupun masih lambat. Karena semakin lambat dan akurat ketikan kamu, semakin cepat ketangkasan ngetik kamu.

So that's all tips dari saya. Coba mulailah latihan mengetik dengan benar dari sekarang walaupun pasti agak sulit, tapi jangan putus asa.
Tips Mengetik Buta 10 Jari 4.5 5 Reza Satria Tuesday, 17 August 2010 Bagi kebanyakan orang mengetik dengan menggunakan 10 jari dan tanpa melihat ke arah keyboard adalah ha yang sulit. Kebanyakan orang juga tid...


No comments:

Post a Comment

Makasih udah mampir ke blog saya, alangkah baiknya kalo anda mau ninggalin komennya.